Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

in ,

Pilih Investasi Saham atau Reksa Dana? Ini Pertimbangannya

Ada 3 faktor utama yang perlu dipertimbangkan saat kamu ingin investasi saham atau reksa dana.

Faktor tersebut adalah risiko yang bersedia diterima, tingkat pengembalian yang diinginkan, serta biaya apa saja yang bersedia ditanggung saat berinvestasi.

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat akan memilih antara investasi saham dan reksa dana. Pilih Investasi Saham atau Reksa Dana? Ini Pertimbangannya!

Perbedaan Dasar antara Saham dan Reksa Dana

Saat investasi saham, itu artinya kamu memiliki bagian kepemilikan di salah satu perusahaan. Saham akan memberikan dividen yang akan dibayarkan setiap kuartal atau tahunan.

Bukan hanya itu saja, kamu juga dapat menghasilkan keuntungan saat menjual kembali saham ke pasar. Saat harga beli lebih rendah daripada harga jual, maka itulah margin keuntungan yang akan didapatkan.

Di sisi yang lain, reksadana adalah sekumpulan produk investasi yang dikelola oleh manajer investasi, bisa berupa saham, obligasi, surat utang, dan deposito.

Saat investasi saham, kamu bisa memilih jenis perusahaan berdasarkan kategori tertentu.

Kamu juga bisa menentukan strategi investasi yang diinginkan, apakah ingin menahan dalam jangka panjang atau melakukan perdagangan jangka pendek.

Namun pada umumnya, investasi saham ditujukan untuk jangka panjang yaitu di atas 10 tahun.

Halaman: 1 2 3

Rekomendasi

Besok Terakhir, Daftar Prakerja Gelombang 8 Sekarang!

Apa Bedanya Obligasi SBR, ORI, Sukuk Tabungan, dan Sukuk Ritel?

Back to Top